Keindahan Wisata Air Kota Padang

Siapa yang tak kenal Padang? Yap, kota asal nasi Padang ini adalah kota terbesar di Sumatera Barat. Lokasinya menjadikan Kota Padang sebagai pintu gerbang barat Indonesia, karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika di kota ini kita akan disuguhi oleh banyak destinasi wisata air. Entah itu danau, pantai, atau pun air terjun.

Salah satu tradisi yang cukup terkenal di Padang adalah Maelo Pukek dan Selaju Sampan. Maelo Pukek, adalah tradisi menjala ikan dengan cara tradisional. Sementara Selaju Sampan adalah tradisi balap dayung sampan yang telah turun temurun di kawasan rantau Minangkabau tersebut. Selaju Sampan adalah cara masyarakat di masa itu dalam menjalin tali silaturahim.

Penasaran seperti apa keindahan wisata air di Kota Padang? Berikut ini kami berikan sedikit ulasannya.

  1. Pantai Padang (Tapi Lauik)

pantai padang

Wisata pantai Indonesia sering diidentikkan dengan Pantai Kuta Bali. Padahal pantai indah lain di Indonesia selain Kuta masih banyak, termasuk salah satunya Tapi Lauik. Pantai ini terletak di barat Indonesia, dekat dengan Ramayana Plaza Andalas, Pasar Raya Padang dan Jembatan Siti Nurbaya. Pantai Padang Taplau biasa dipadati oleh masyarakat setempat, atau wisatawan dalam dan luar negeri. Cocok sebagai tempat melepas penat. Dari sini kita bisa melihat proses terbenamnya matahari dengan jelas. Di sisi lain pantai terdapat sebuah bukit yang disebut sebagai Gunung Padang. Tapi sayangnya, Pantai Padang Taplau ini tidak berpasir, dikarenakan abrasi menahun, hanya sebagian kecil area saja yang berpasir. Antara laut dengan jalan dipisah oleh dinding batu, yang juga berfungsi sebagai pemecah ombak. Tak luput juga terdapat batu-batu karang cukup besar yang berada di sekitar bibir pantai ini.

Sambil menikmati panorama laut yang indah, tidak ada salahnya kita mencoba makanan-makanan yang dijual di warung tenda sekitar tepi pantai. Ada rujak khas Padang yang harus kita coba. Ditemani dengan kelapa muda, kacang rebus, telur rebus serta pisang bakar.

  1. Jembatan Siti Nurbaya

jembatan-siti-nurbaya

Siti Nurbaya sudah menjadi ikon tersendiri dari Kota Padang. Ada sebuah jembatan di kota ini yang dinamai dengan namanya, yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 156 meter, membentang di atas Sungai Batang Arau. Menjadi penghubung pusat Kota Padang dengan Seberang Padang.

Sekilas jembatan ini tidak tampak berbeda dari jembatan-jembatan lain, tapi siapa tahu, saat hari mulai gelap, jembatan ini akan terlihat sangat elok. Lampu-lampu yang berdiri di dua sisi jembatan akan menyala, selain itu kita juga bisa menikmati indahnya sunset dari Jembatan Siti Nurbaya ini.

  1. Pantai Pasir Jambak

pantai pasir jambak

Pantai lagi, kali ini adalah Pantai Pasir Jambak. Lokasinya sekitar 17 km dari Kota Padang, tepatnya masuk ke wilayah Koto Tangah. Memiliki pasir dengan warna putih kecokelatan dengan kontur pantai yang datar dan sangat luas, cocok digunakan untuk bersepeda santai. Area sekitar pantai dipenuhi oleh tumbuhan pohon kelapa, bahkan ditumbuhi pula dengan pohon cemara. Uniknya, di sekitar pantai ini dibangun gazebo, sehingga para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa tikar.

Di pantai ini tersedia jasa penyewaan perahu. Biasanya ramai ketika akhir pekan tiba, terutama untuk wisatawan keluarga. Biasanya perahu berlayar saat air laut tidak terlalu surut.

Meski begitu perlu sedikit waspada saat mengunjungi Pantai Pasir Jambak ini. Karena lokasinya berada di titik rawan tsunami oleh sebab letaknya yang begitu dekat dengan titik pergeseran bumi.

  1. Pantai Nirwana Padang

nirwana-beach-in-padang

Pantai ini sering dijuluki sebagai pantai surga, karena keindahan panorama lautnya. Bahkan ada yang meyakini bahwa pasir putih yang terhampar di tepi pantai ini bisa digunakan untuk terapi. Air lautnya sangat jernih, dikelilingi oleh daerah perbukitan yang ditumbuhi banyak tanaman tropis.

Lokasinya sekitar 14 km dari pusat Kota Padang, tidak begitu jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Tepi pesisir pantai banyak ditumbuhi oleh pepohonan kelapa. Ketika air laut dalam keadaan surut, batu karang dan koral kecil akan bertebaran di sepanjang pantai, tidak aneh kalau banyak fotografer yang datang ke sana untuk sekadar mengabadikan keindahan pantai tersebut.

Ombak lautnya tidak begitu besar, dan permukaan air relatif tenang. Dari tepi pantai kita bisa melihat dengan jelas keelokan sunset menjelang petang. Jika ingin bermalam di sana, telah disediakan area tersendiri untuk camping. Aksesnya tidak sulit, malah relative mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa langsung pergi ke arah selatan Teluk Bayur. Sementara kalau menggunakan kendaraan umum, maka kita bisa naik oplet nomor 437 dari Pasar Raya Padang.

  1. Pantai Air Manis

Batu-Malin-Kundang

Lokasi Pantai Air Manis ini terletak sebelum Pelabuhan Teluk Bayur. Menempuh kurang lebih 20 hingga 30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang. Yang unik dari pantai ini adalah Batu Malin Kundang-nya. Siapa yang tidak kenal dengan cerita Malin Kundang si anak durhaka? Disebut sebagai Batu Malin Kundang karena bentuknya menyerupai tubuh manusia yang sedang bersujud.

Pantai Air Manis sendiri memiliki pasir berwarna putih kecokelatan, yang apabila air lautnya sedang pasang, ombaknya akan menghampas batu-batu di sekitarnya begitu juga Batu Malin Kundang. Adapun ketika air laut sedang surut, kita bisa berkunjung sejenak ke Pulau Pisang. Hanya perlu berjalan kaki, kita akan langsung sampai di pulau seluas satu hektar tersebut. Kita bisa beristirahat sebentar di pulau ini. Tapi tidak bisa berlama-lama, karena kita harus segera kembali ke pantai sebelum permukaan air naik kembali. Tidak perlu mencemaskan urusan kuliner, di pantai ini, lidah kita akan dimanjakan dengan masakan khas Kota Padang.

  1. Pantai Caroline

Suasana-Pantai-Caroline

Pantai terakhir yang bukan paling akhir adalah Pantai Caroline. Pantai ini adalah surga bagi para pecinta surving. Ombaknya sangat menggelora, apalagi ketika suasana sedang cerah. Selain untuk surving, pantai ini juga menjadi rekomendasi bagi kalian-kalian yang suka menjelajah kedalaman laut. Di dalam laut pantai ini tersimpan panorama kekayaan alam laut berupa terumbu karang beraneka macam dan ikan hias yang indah.

Lokasinya berada tepat di Teluk Bungus, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat Kota Padang. Bisa diakses dengan kendaraan pribadi, taxi, bus atau angkutan umum jurusan Bungus.

Fasilitas yang ditawarkan di pantai ini adalah penginapannya dan cottage yang dibandrol dengan harga terjangkau, juga toilet umum, aneka jajanan serta masakan laut khas Sumbar. Selain itu kita juga dapat menyewa boat dan perahu nelayan untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitar pantai Caroline.

Dari beberapa wisata itu, apakah saat ini Anda sudah punya bayangan ingin berlibur kemana jika ke Padang? Intinya, ketika kita berwisata ke Padang, usahakan untuk tidak melewatkan keindahan pantai-pantainya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Visit => www.festivalsitinurbaya.com

Sumber terkait:

ksmtour.com; thearoengbinangproject.com; tempatwisataseru.com; gosumatra.com; harianmedia.com; jalan2.com; aet.co.id; m.galamedianews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s